Ini 7 Kegunaan Kantong Kresek daripada Kamu Membuangnya

Kantong kresek akan sering kamu dapatkan baik itu belanja di supermarket, mall besar maupun pedagang kecil. Kebijakan pemerintah untuk menambahkan biaya dalam pemberiannya saat belanja memang mengurangi penggunaannya, tapi gak signifikan. Ini membuat masalah limbah kantong kresek tetap merusak bagi lingkungan. Sebenarnya gaya hidup kita lah yang perlu diatur ulang. Karenanya, berikut adalah 7 kegunaan kantong kresek yang bisa kamu terapkan daripada kamu membuangnya dan menjadi limbah!

1. Kamu bisa menggunakan ulang kantong kresek untuk keperluan belanja berkali-kali.

Kumpulkan beberapa dan letakkan di tempat yang mudah terlihat ketika kamu akan pergi berbelanja. Kamu bisa menolak kantong kresek baru dari tempat belanja karena sudah membawa sendiri. Yang jelas jangan lupa untuk mengambil kantong kreseknya sebelum kamu masuk ke tempat belanja.

2. Menjadikannya material untuk membungkus sesuatu maupun hiasan.

Kamu bisa melapisi benda-benda yang rawan rusak dengan beberapa kantong kresek baik ketika memindahkannya atau menyimpannya. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai pengganjal ataupun sebagai bagian dari bungkusannya. Kamu bisa bereksperimen secara kreatif juga dalam membungkus menggunakan kantong kresek.

3. Membuat tanaman tetap hidup dan dalam kondisi segar.

Terutama jika kamu berencana meninggalkannya dalam waktu agak lama. Kamu bisa meletakkan kantong kresek di seluruh bagian keliling tanaman untuk menangkap kelembaban lingkungan sekitarnya.

4. Bisa untuk melindungi wiper mobil, kaca/jendela atau cermin.

Jika memang penutup kendaraanmu kotor, kamu bisa memanfaatkan kantong kresek untuk bagian-bagian yang penting terbebas dari paparan faktor lingkungan. Terutama ini bisa kamu lakukan ketika cuaca sedang hujan agar gak basah, atau sedang dingin banget agar gak berembun.

5. Untuk melindungi barang-barang yang sering dipakai maupun yang disimpan.

Baik itu benda sering dipakai seperti gelas atau piring, maupun benda antik yang kamu simpan di gudang, kantong kresek akan mengurangi risiko terpapar debu dan kotoran lain. Tentunya untuk menyimpan barang tersebut kamu harus memastikan kantong kresekmu bersih.

6. Daur ulang lah kantong kresekmu yang bertumpuk dan bingung akan digunakan apa lagi.

Terutama kalau sudah bolong atau sobek jadi gak bisa digunakan untuk hal lain. Letakkan kantong kresekmu yang berlebih dalam suatu tempat penyimpanan khusus seperti kotak kosong. Tujukan kresek sekotak tersebut untuk didaur ulang. Gak tahu caranya? Kamu bisa melihat tahap-tahap pendaurulangannya di berbagai tayangan Youtube.

7. Donasikan kantong kresek yang sudah digunakan.

Tentunya yang gak bolong atau sobek ya. Kamu bisa mendonasikannya ke berbagai tempat seperti penjual-penjual di sekitar tempatmu, perpustakaan atau shelter hewan.

Mencegah kantong kresek menjadi limbah akan mencegahnya dari merusak lingkungan lebih parah. Tentunya ini bisa dihindari jika kita bisa memberdayakan kantong kresek yang sudah digunakan dengan baik. Agar gak semakin banyak kantong kresek menumpuk di lingkungan sekitar kita, yuk terapkan 7 tips di atas mulai dari diri kita sendiri dan orang terdekat kita!

, ,

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *